CAGAR BUDAYA: TMII Menuju Situs Warisan Nasional

Sabtu, 25 April 2009

JAKARTA (Ant/Lampost): Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menjadi situs warisan nasional, kata pejabat tempat wisata yang memamerkan keragaman budaya daerah itu.
"Kita berharap status warisan nasional itu bisa diperoleh tahun ini," kata Direktur Operasional Ade F. Meyliala kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Untuk memperoleh status tersebut diperlukan dukungan berbagai pihak terutama pemerintah daerah dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.
Menurut Ade, TMII merupakan tempat koleksi beragam budaya dan kekayaan sumber daya alam Indonesia yang paling lengkap.
Selain anjungan daerah dengan koleksi rumah adat, terdapat pula museum sejarah maupun industri dan teknologi, kehidupan flora dan fauna seperti taman burung, taman serangga, dan dunia air tawar.
"Semua ada di TMII. Kita juga harus bangga memiliki TMII sebagai tempat atau situs koleksi budaya terbesar kedua di dunia setelah tempat sejenis yang ada di Las Vegas, Amerika Serikat," katanya.
Agar dapat menjadi situs warisan nasional, TMII harus memenuhi syarat sebagai tempat yang sangat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat umum, terutama di dunia pendidikan.
"Sekarang ini budaya bangsa makin tersudut oleh serbuan budaya asing yang masuk secara bebas di era globalisasi dan pesatnya kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi. Kalau kita tidak ada TMII yang menyimpan nilai-nilai kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia, lama-lama budaya kita bisa punah," kata Ade. n S-1
Sumber : Lampung Post

Artikel yang Berhubungan



1 komentar:

pakar lampung mengatakan...

mari lestarikan budaya lampung

  © Budaya Lampung Atrium by Artikel 2008 info terkini info terkini

Back to TOP